Rabu, 08 April 2015

Efek Pencahayaan dan Bayangan dengan Lingkungan di Sekitarnya pada Blender


Penjelasan

Dari gambar tersebut terlihat bahwa efek pencahayaan bersumber dari lampu belajar lalu diarahkan lurus ke ojek 2 gelas dan di kedua objek gelas tersebut ada agian yang terlihat terang ada juga agian yang terlihat gelap. pada gelas yang kiri tepat pada saat sorotan cahaya masuk, gelas tersebut memantulkan cahaya dari lampu belajar itu. Agar objek gelas terlihat realistik dengan warna yang transparat seperti gelas, menggunakan efek :
  • Surface glass BSDF, yang akan membuat permukaan pada gelas terlihat seperti kaca.
  • Penambahan Warna putih pada objek.
  • Efek Roughness bernilai 0, agar objek terlihat halus dalam memantulkan cahaya
  • Pemakaian IOR atau Raytrace Tranparent, agar objek terlihat tembus pandang.
 Untuk cahaya yang dipancarkan dari lampu belajar menggunakan warna terang yang ditambahkan dengan efek pancaran. ketentuan dalam efeknya sebagai berikut :

  •  Surface Emission pada objek bola lampu yang.
  • menggunakan warna putih.
  • Kapasitas cahaya sebesar 4,000
  • Menggunakan warna alpha 1,000
  • Ditambah Multiple Importance Sample dan Transparent shadows.

Kelas : 3ia15
Nama Anggota
Dimas Reno B.P                    (52412145)
Elvin Arief  M                       (52412476)
Muhammad Zulfikar             (54412833)
Noprytry Kurniawan Kase    (55412370)
Rian Bayu Ardyanto             (56412254)