Senin, 06 Mei 2013

CIRI KHAS BUDAYA INDONESIA BERKEPRIBADIAN PANCASILA

     Bangsa Indonesia kaya akan bentuk keragaman, bbaik keragaman agama, suku bangsa, budaya, dan adat istiadat, Tapi, dalam keragaman tersebut kita tetap bersatu dan bersaudara sehingga bangsa ini dapat hidup rukun damai dan aman. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan warisan nenek moyang terdahulu. Semangat pancasila menjiwai kehidupan bangsa Indonesia.
   Struktur masyarakat Indonesia ditandai atas kelompok-kelompok suku, agama, daerah, dan ras yang beraneka ragam. Perbedaan tersebut berpengaruh pada perbedaan sistem kepercayaan, sistem nilai, pandangan hidup, dan perilaku sosial antarmasyarakat dan budaya.
   Sebelumnya sudah kita bahas mengenai , dan . Berdasarkan pembahasan tentang berbagai budaya yang budaya lokal, pengaruh budaya asing ada di Indonesia, masyarakat Indonesia memiliki beragam budaya dan perilaku yang berbeda-beda. Indonesia terkenal dengan masyarakatnya yang bersifat majemuk yang disebabkan oleh perbedaan adat istiadat, ras, etnik, bahasa, dan agama. Berbagai potensi budaya yang ada di Indonesia ini memerlukan sebuah pemahaman akan pentingnya sikap toleransi dalam perbedaan yang tercermin dalam asas tunggal bangsa Indonesia yang berbunyi Bhinneka Tunggal Ika.
   Definisi kebudayaan tersebut di atas tampaknya kebanyakan definisi dan pemakaiannya telah mengaburkan perbedaan penting antara kebudayaan sebagai pola untuk perilaku dengan pola dari perilaku. Dari definisi-definisi kebudayaan tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa inti pengertian kebudayaan mengandung beberapa ciri pokok, yaitu sebagai berikut:

  1. Kebudayaan itu beraneka ragam.
  2. Kebudayaan itu diteruskan melalui proses belajar.
  3. Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen biologi, psikologi, sosiologi, dan eksistensi manusia.
  4. Kebudayaan itu berstruktur.
  5. Kebudayaan itu terbagi dalam aspek-aspek.
  6. Kebudayaan itu dinamis.
  7. Nilai-nilai dalam kebudayaan itu relati.
Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memilki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Rumah adat di Indonesia sangat beragam sekali bentuknya dan masing masing rumah adat menggambarkan kebudayaan daerah tersebut. Rumah adat biasanya di pakai untuk acara acara adat atau untuk tempat musyawarah adat. Rumah adat di Indonesia memang begitu berragam bentuk serta jenisnya dan masing rumah tradisional itu di jadikan rumah adat indonesia.



Keanekaragaman adat istiadat, agama, seni, budaya, dan bahasa yang berkembang di Indonesia melahirkan adanya kebudayaan nasional dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah memiliki ciri khas tersendiri. Namun, secara keseluruhan ciri khas tersebut mengandung banyak unsur kesamaan yang melahirkan kebudayaan nasional.



Ciri-ciri kebudayaan nasional pancasila


Kebudayaan nasional adalah kebudayaan seluruh rakyat Indonesia yang mempunya unsur unsur moral yang diarahkan kepada nilai dan norma pancasila. Kebudayaan nasional pancasila juga merupakan puncak kebudayaan daerah. Ciri-ciri kebudayaan nasional adalah sebagai berikut:
  1. Mengandung unsur budaya daerah yang berasaskan pancasila dan diakui secara nasional.
  2. Mencerminkan nilai luhur dan kepribadian bangsa.
  3. Merupakan kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.
  4. Mengandung unsur-unsur yang mempersatukan bangsa.
Contoh kebudayaan nasional antara lain sifat gotong royong, pakaian nasional yaitu kebaya dan batik, serta bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia. Semuanya itu menjadi identitas khas bangsa Indonesia. Suatu kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.



Ciri-ciri kebudayaan daerah



Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu yang memiliki ciri-ciri khas kedaerahan. Ciri-ciri kebudayaan daerah  Indonesia antara lain:
  1. Memiliki sifat kedaerahan tertentu.
  2. Mempunyai adat istiadat yang khas.
  3. Memiliki unsur kebudayaan asli dan tradisional.
  4. Dianut oleh penduduk daerah tersebut.
  5. Adanya bahasa dan seni daerah.
  6. Adanya unsur kepercayaan.
  7. Adanya peninggalan sejarah.
Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

  Sumber :
http://books.google.co.id/books?id=cWfQUqd287IC&pg=PT107&lpg=PT107&dq=ciri+khas+budaya+indonesia+berkepribadian+pancasila&source=bl&ots=KYY2jJabGo&sig=7psyYLh3lkaKVx5k4Wua63FX7pc&hl=en&sa=X&ei=XpmHUZn4HtGmrAeMjYHABg&redir_esc=y 
 
 


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar