Sabtu, 03 November 2012

TERTAWA ITU MENYENANGKAN DAN SEHAT

Penelitian menemukan bahwa orang yang gembira lebih sehat daripada yang bete. Orang yang banyak tertawa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih imun terhadap infeksi. Hal ini disebabkan  karena otak melepaskan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) yang memiliki efek mengurangi sakit dan menenangkan. Tertawa juga dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, memperbaiki kerja otak dan meningkatkan fleksibilitas otot.
Salah satu kelebihan yang dimiliki manusia adalah tertawa karena dengan tertawa semua beban di pikiran terasa hampa alias tidak ada sama sekali dan juga sangat anti galau. Biasanya yang bertipe seperti ini hidupnya tidak bakalan susah karena semua pekerjaannya tidak dibebankan oleh pekerjaan lain sehingga pikirannya selalu fresh dan juga selalu berpikiran positif terhadap orang lain (tidak berburuk sangka), tapi bukan berarti selalu positif kepada semua orang, ada waktunya berburuk sangka terhadap orang lain.
Di India, orang melakukan terapi tertawa sebagai salah satu bentuk meditasi. Itu adalah cara untuk membuat mental kita bersantai  dan melupakan beban hidup sejenak.  Jika tertawa bebas maka kita akan benar-benar rileks. Selama terapi tertawa, mereka tertawa di mana saja tanpa harus ada alasan tapi bukan berarti gila juga, hanya saja ada saatnya orang tertawa.
Tertawa yang dilakukan bersama teman-teman dan orang terdekat lebih menyenangkan dibandingkan mentertawakan hal lucu sendiri, ditambah ada cerita-cerita yang bisa dibagikan kepada orang sekitar, karena dengan begitu energi positif yang di keluarkan akan saling menular ke orang lain.

Beberapa tips untuk meningkatkan daya tawa:
  • Pandanglah hidup dengan ringan. Tersenyumlah untuk diri sendiri.
  • Tersenyumlah saat bertemu orang-orang. Senyum adalah sebagian dari iman dan awal dari tawa dan, seperti tawa, bersifat menular.
  • Bergaullah dengan orang yang memiliki selera humor tinggi.
  • Bersikaplah positif terhadap kesalahan. Setiap orang kadang-kadang membuat kesalahan. Tetaplah dalam perspektif dan beranilah untuk menertawakan kesalahan diri sendiri. Ini dimaksudkan agar kesalahan kita tidak terlalu dipikirkan sehingga menjadi terasa berat saat bekerja.
Awan yang mendung akan turun hujan, tapi awan yang cerah tidak akan menurukan apapun yang berakibat bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar